Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema ” Gaya Hidup Bekelanjutan” SMK Negeri 1 Salam Tahun Pelajaran 2022/2023

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema ” Gaya Hidup Bekelanjutan” SMK Negeri 1 Salam Tahun Pelajaran 2022/2023

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema ” Gaya Hidup Bekelanjutan” SMK Negeri 1 Salam Tahun Pelajaran 2022/2023

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu pembahasan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan dari P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, dengan mewujudkan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperiaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memberikan ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila. Merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas. Mengembangkan kompetensi sebagai pendidikan yang terbuka serta  untuk berkolaborasi pendidikan dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

SMK Negeri 1 Salam pada kegiatan P5 yang pertama ini mengambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”., dengan materi “Mengubah Sampah Menjadi Lebih Bermanfaat. Kegiatan ini dilaksanakan secara dengan sistem blok selama 5 hari dimulai pada Hari Senin 17 Oktober 2022 sd 21 Oktober 2022 bertempat di SMK Negeri 1 Salam.

Pada hari pertama kegiatan P5 ini, guru pendamping masing masing kelas X melaksanakan sosialisasi tentang sampah dan pemanfataannya. Dilanjutkan pembentukan kelompok dari masing masing kelas. Setiap satu kelas  terdiri dari 6 kelompok siswa yang terdiri kurang lebih 5-6 siswa perkelompoknya. Mereka menyiapkan untuk menyusun proposal projek yang akan dibuat oleh siswa. Projek ini merupakan proyek individu siswa dan projek kelompok untuk mendapatkan penilaian.

Pada hari kedua siswa menyusun presentasi berdasarkan projek yang dipersiapkan.  Dalam presentasi tersebut disampaikan tentang projek yang dibuat, alat dan bahan, cara kerja, biaya dan persiapan untuk gelar karya. Untuk selanjutnya presentasi disusun dalam slide slide menggunakan aplikasi presentasi. Untuk selanjutnya dilaksanakan presentasi secara kelompok di kelas dengan diikuti oleh semua siswa dalam masing-masing kelas.

Pada kegiatan hari ketiga, siswa sudah membuat produk yang telah dirancang, baik produk pribadi maupun produk kelompok. Mereka membawa alat dan bahan yang sudah dipersiapkan dari rumah berupa barang-barang bekas anorganik menjadi olahan yang bermanfaat. Kegiatan memotong, menyusun barang barang bekas menjadi produk yang bermanfaat dilaksanakan di kelas masing-masing.

Selanjutnya pada hari keempat untuk penyelesaian produk pribadi maupun kelompok, yang nantinya  dikemas pada tempat pagelaran P5 digedung BMP SMK Negeri 1 Salam sebagai tempat gelar karya. Diarea Gedung BMP telah dipersiapkan stand stand untuk masing masing kelas. Gotong royong, kerjasama, tanggungjawab, Mandiri,  merupakan penguatan karakter dalam kegiatan ini. Semua siswa terlibat dalam penyiapan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Hari kelima, Jumat tanggal 21 Oktober 2022 merupakan Gelar Karya Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan tema” Gaya Hidup Berkelanjutan” SMK Negeri 1 Salam Tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 acara pembukaan Gelar Karya P5 dengan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tim Penilai, Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Salam dan tamu undangan. Untuk selanjutnya stand dibuka untuk seluruh siswa kelas X, XI dan XII secara bergantian. Pada kesempatan ini untuk memberikan apresiasi kepada siswa diberikanlah penghargaan kepada kelas terbaik 1, 2 dan 3 dalam kegiatan gelar karya P5 terxebut. Kegiatan ini meriah dan diikuti secara antusias oleh warga sekolah dengan diramaikan penampilan perkelasnya berupa hiburan menyanyi untuk mengiringi kegiatan pameran.

Dengan kegiatan P5 ini akan mengoptimalkan kemampuan siswa, menguatkan pencapaian profil Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. P5 diharapkan mampu memulihkan pendidikan nasional yang sempat terkendala akibat pandemi COVID-19. Dengan P5 ini diharapkan dapat mencetak lulusan di setiap jenjang satuan pendidikan yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
























LINK TERKAIT