SMK Negeri 1 Salam ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK)
SOSIALISASI & KOORDINASI SMK PUSAT KEUNGGULAN SMK NEGERI 1 SALAM TAHUN 2022
Pada tahun 2022, SMK Negeri 1 Salam terpilih sebagai salah satu
Sekolah
Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).
SMK PK merupakan salah satu
program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang bertujuan mewujudkan pengembangan SMK dengan
program keahlian tertentu, sehingga terdapat peningkatan kualitas dan kinerja. Pencapaian tersebut didukung dan diperkuat dengan adanya
kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta hadirnya dukungan dari pemerintah
daerah setempat dan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.
Pada Hari Selasa, 16 Agustus 2022 SMK Negeri 1 Salam melaksanakan
sosialisasi dan koordinasi SMK PK tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Plh
Kacabdin Wilayah VIII Kepala Subbag Tata Usaha Bapak Aris Goetomo Danoewarsito,
SE, Du/Di, Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Salam. Dalam kegiatan
ini disampaikan secara umum tentang SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) dan rencana
program-program kedepan di SMK Negeri 1 Salam.
SMK Negeri 1 Salam sebagai SMK Pusat kunggulan diharapkan nantinya menjadi sekolah rujukan dan pusat
peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya. Sehingga,
semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja serta merupakan salah satu program
unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’. Program ini mencetak lulusan yang bekerja, wirausaha,
ataupun melanjutkan ke perguruan tinggi, semuanya harus ‘link and match’ dengan
dunia usaha dan dunia industri.
Terdapat beberapa langkah yang dilakukan pada program SMK Pusat Keunggulan. Yang pertama, akselerasi pelatihan upskilling and reskilling guru berbasis DUDI. Pelatihan ini berguna untuk memastikan kompetensi guru kejuruan meningkat sesuai standar DUDI. Yang kedua, berlatih kurikulum dengan menekankan PBL dan soft skills, termasuk mengembangkan mata pelajaran bersama DUDI.
Mengenai
pelatihan kepala sekolah, dilaksanakan mulai dari pembelajaran paradigma baru,
pemanfaatan platform teknologi dan perencanaan dengan basis refleksi diri
sekolah, hingga ke pendampingan. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk
memastikan jika kepala sekolah bisa memimpin perubahan di sekolah, mempunyai
kapasitas dalam mengelola kerja sama dengan DUDI, serta dapat mengembangkan dan
mengatur road map pengembangan SMK PK.
Sedangkan
pendampingan dalam pengembangan ruang lingkup kerja sama dengan DUDI mencakup: Pembelajaran
berbasis proyek/industry, Pengembangan
kurikulum, Teaching factory, Pengajar
dari DUDI, dan lain sebagainya.
Tidak
hanya itu, terdapat pula pengembangan sarana dan prasarana yang dilaksanakan
untuk mendukung pembelajaran berbasis industri. SMK PK mempunyai banyak
manfaat, diantaranya menjalin kerja sama dengan DUDI
untuk melahirkan lulusan yang berkualitas dan siap bekerja.