Pada saat ini kelas X dan XI SMK Negeri 1 Salam mengambil tema”Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan kegiatan kesadaran diri untuk bersikap dan berperilaku ramah terhadap lingkungan.
Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia yang
dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. P5 memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengalami penetahuan sebagai proses penguatan
karakter sekaligus untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan P5
peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema yang dipilih.
Pada saat ini
kelas X dan XI SMK Negeri 1 Salam mengambil tema”Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan
kegiatan kesadaran diri untuk bersikap dan berperilaku ramah terhadap
lingkungan. Storyboard yang dibuat adalah Tamanisasi Sekolah yaitu pemanfaatan
lahan menjadi tamanisasi sekolah. Dimensi dari P5 Tema ini adalah: Beriman,
Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan berakhlak Mulia, Bergotong royong dan Kreatif.
Taman sekolah merupakan media pembelajaran kontekstual yang serbaguna untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku anak agar mereka lebih kreatif. Tamanisasi Sekolah merupakan kegiatan yang melibatkan siswa dan warga sekolah untuk dapat menciptakan taman atau pemeliharaan taman yang berada di sekolah dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang asri, nyaman, indah yang dapat mendukung untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Taman sekolah merupakan ruang terbuka hijau (RTH) yang didesain untuk mengindahkan dan menghijaukan lahan di lingkungan sekolah. Dengan adanya taman sekolah membuat suasana belajar di lingkungan sekolah menjadi lebih menyenangkan.
Gambar . Proses pembuatan taman oleh siswa
FUNGSI
ATAU MANFAAT TAMANISASI
1. Bagi sekolah
§ Untuk memperindah lingkungan sekolah
§ Memberikan suasana sejuk di lingkungan
sekolah
§ Memberikan suasana indah di lingkungan
sekolah
§ Memberikan suasana asri di lingkungan
sekolah
§ Memberikan suasana nyaman bagi warga
sekolah
§ Sebagai tempat belajar yang menyenangkan
§ Taman sekolah merupakan ruang
terbuka hijau (RTH) yang didesain untuk mengindahkan dan menghijaukan
lahan di lingkungan sekolah
2. Bagi siswa
§ Menambah betah dan semangat belajar siswa karena dikelilingi lingkungan yang nyaman,
indah dan asri
§ Menambah kreatifitas siswa untuk turut
menyusun kegiatan dalam tamanisasi sekolah
§ Menambah wawasan siswa tentang lingkungan
yang baik
§ Menambah tanggungjawab dan keikutsertaan
siswa dalam pemeliharaan taman di sekolah
§ Menumbuhkan rasa cinta dan peduli pada siswa
untuk mencintai lingkungan, merawat dan memelihara tanaman
§ menumbuhkan rasa keindahan dan kebersihan
lingkungan bagi para siswa
§ meningkatkan motivasi belajar para siswa
yang lebih santai dan rileks sehingga pikiran siswa lebih siap untuk menerima
pelajaran
§ Taman sekolah dapat dijadikan tempat
untuk menyegarkan pikiran ketika waktu istirahat tiba.
§ Dapat digunakan sebagai sumber belajar,
tempat belajar, berdiskusi atau membaca.
§ Menambah kreatifitas siswa dengan memilih
desain taman sekolah yang cocok dan lingkungan sekolah, serta jenis tanaman
yang bisa ditanam.
§ Sebagai ruang edukasi bagi siswa
Gambar. Proses penilaian taman oleh Juri P5